Minggu, 30 Mei 2010

Sekilas Brunei Darussalam



Letak Negara Brunei Darussalam berada di ujung utara Pulau Kalimantan (Borneo), batas wilayahnya dikelilingi Negara Malaysia. Negara ini menggunakan bahasa resmi melayu tetapi sebagian penduduk banyak juga yang menguasai bahasa English dan bahasa cina. Negara Brunei Darussalam dipimpin oleh seorang Raja yang bernama “Kebawah Duli Yang Dipertuan Agung Negara Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izadin Wa’daulah”. Negara ini mempunyai system pemerintahan Monarci Absolut “Dimana kekuasaan penuh ada di tangan Sultan”.

1. Kota di Brunei Darussalam
Ibu Kota Negara Brunei Darussalam berada di Bandar Seribegawan, dimana kota ini banyak terdapat Sungai besar seperti halnya banyak kita temui di kota-kota yang berada di Pulau Kalimantan (Borneo). Di kota ini ada yang bernama Kampung Air dimana Penduduknya banyak yang tinggal di rumah-rumah panggung diatas air Sungai. Kota ini cenderung lebih teratur dan bersih dibanding Surabaya atau Jakarta  tetapi untuk masalah hiburan yang tersebar di kota ini sangat minim apalagi kehidupan malam hampir tidak ada, lain halnya di kota-kota besar di Indonesia.

Kota Seria merupakan daerah penghasil minyak yang menjadikan negara Brunei Darussalam menjadi Negara makmur dan cenderung mempunyai pendapatan perkapita tinggi dibanding negara-negara tetangga, sehingga banyak para imigran yang berdatangan demi mendapatkan penghasilan lebih layak.

2. Mata Uang
Mata uang Negara Brunei Darussalam adalah Brunei Dolar (BND) atau Ringgit Brunei.
BND 1 = Rp 6.900,-
Di Negara ini banyak tersedia layanan public untuk pengiriman uang ke beberapa Negara misalnya Western Union, manji, Kemuda, dll.

3. Tempat Wisata
Tempata wisata di Negara Brunei Darussalam cenderung menyajikan wisata hutan alam yang masih rimbun "Bukit Syah Bandar", adapula Mall yang mempunyai nama "Yayasan Mall" yang sangat kecil dan sederhana, ada pula Wisata di "Jerudong Park" konon mirip Dufan di Jakarta tapi fasilitasnya jauh lebih lengkap DUFAN :)Kebanyakan para pendatang maupun penduduk asli Brunei kalau sudah jenuh akan hiburan cenderung pergi ke Malaysia yang letaknya sangat dekat yaitu "Pulau Labuhan, Miri, dan Kota Kinabalu". - Kesimpulannya Negara Brunei Sangat tidak Cocok untuk Tujuan Wisata - sorry... ^_^

4. Transportasi
Di Negara ini transportasi umum sangat minim kalau menurut saya, karena bus cuma sampai pukul 5 sore. bayagkan bagi seseorang yang tidak memiliki kendaraan sendiri ?_? bisa saja pakai kendaraan umum gelap yang namanya agak lucu yaitu "kereta sapu" ini semacam mobil pribadi yang mencari penumpang seperti taxi tapi senam jantungnya kalau ketahuan polisi siap-siap anda kena denda atau tilang.

5. Alamat Kedutaan Besar Indonesia di Brunei (Kampung Sungai Hanching Baru, Simpang 528, Lot 4498, Jalan Muara, Bandar Seri Begawan X 1930)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar